URL Shortener dari Goo.gl (Google)

Banyak layanan penyingkat URL bermunculan, salah satu yang pernah penulis posting di sini tentang liteurl, termasuk Google juga mengeluarkan layanan mereka, Goo.gl. Apa istimewanya?

Goo.gl sebenarnya sudah cukup lama ada, namun selama ini hanya diperuntukkan bagi layanan Google tertentu seperti toolbar browser Google, FeedBurner RSS, News, Blogger dan Maps.

Kini layanan penyingkat URL Google ini terbuka untuk publik, sehingga banyak orang dapat menggunakannya. Google pun akhirnya membuat situs khusus http://goo.gl/.

”Goo.gl merupakan penyingkat URL paling stabil, aman dan cepat,” ujar Google. Google mengklaim kecepatan penyingkat URL ini meningkat dua kali lipat dalam sembilan bulan terakhir.

Perihal keamanan, Google mengatakan cara kerja penyingkat ini sama dengan filter pada Google Search dan Gmail. Pengguna akan diperingatkan saat mencoba mengakses link yang berisi malware atau spam.

Selain menyingkat URL, Goo.gl bisa digunakan untuk mengawasi trafik yang masuk pada URL yang telah disingkat. Menariknya, Google menyediakan daftar top referrers setiap link lengkap dengan profil pengunjung.

”Hal ini akan menjadi cara baik untuk memahami siapa saja yang tertarik pada link Anda, bagaimana mereka menemukan link Anda, dan kapan mereka mengaksesnya,” jelas Google.

0 comments:

Post a Comment

 

About Me

My Photo
Hendro
Bukan Penulis... Bukan Novelis... Hanya Ingin Berbagi...
View my complete profile
There was an error in this gadget

Followers

HENDRO Says Thanks for coming and Email Me