Portable Software, Pilihan tepat saat darurat.

tepuktanganBeberapa waktu yang lalu sang istri minta cari software untuk memutar file video kuliahnya yang berektension .flv, simpel tanpa harus menginstal aplikasinya karena akan dibuka di komputer kampus. Sebagian besar komputer di sana hanya berstatus 'Guest' yang mengharamkann proses instalasi aplikasi. Aplikasi portabel adalah solusinya, tidak terlalu sulit untuk mencari aplikasi ini, tinggal memasukkan keyword 'Portable Software' atau kata-kata sejenisnya ke mesin pencari sok tau. Muncullah berbagai jenis software portable yang bisa kita download. Walaupun Akhirnya aku memilih mengekstrak sendiri file setupnya Free FLV Player menggunakan Universal Extractor yang berfungsi mengekstrak file setup .EXE, .ISO, .MSI, .ZIP, .RAR, .LZH, .ARJ dan aku coba klik yess...bisa!


Portable software atau Aplikasi Portabel adalah Aplikasi standalone yang mudah dibawa kemana-mana, dapat disimpan di perangkat portabel (flasdisk, hardisk portabel, ipod atau perangkat portabel lainnya) dan bisa dijalankan tanpa harus melakukan proses instalasi terlebih dahulu. Beberapa aplikasi yang ringan sampai yang kompleks pun sudah ada portable, hampir semua free dan open. Aku pun kerap menggunakan software jenis ini seperti untuk antivirus menggunakan PCMAV versi terakhir, untuk ke warnet bawa Firefox Portable dan segudang utility portabel lainnya. Kelemahannya aplikasi jenis ini tidak bisa anda update.

Beberapa website rujukan untuk 'hunting' software portabel.
Selamat Berburu....and Keep Mobile...

2 comments:

Anonymous said...

memang software portable sangat dibutuhkan ya ?

Hendro on 1:05 PM said...

@Reza
Benar, Mas..
Buat yang sering make komputer pindah-pindah, portable software kadang-kadang dibutuhkan. Misalnya, kalau kita ke warnet, aku sering browsing menggunakan firefox, untuk menginstall tidak diperbolehkan karena kita bukan sebagai admin. Portable software solusinya.

Post a Comment

 

About Me

My Photo
Hendro
Bukan Penulis... Bukan Novelis... Hanya Ingin Berbagi...
View my complete profile

Followers

HENDRO Says Thanks for coming and Email Me